Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui aktivitas siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok Bunyi di SMP Negeri 3 Air Putih T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang sebelumnya telah divalidkan. Hasil penelitian diperoleh bahwa diperoleh thitung = 5,49 > ttabel = 1,98, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol, atau ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bunyi kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Air Putih T.P. 2015/2016.