PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3 Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah 164 siswa dan sampel yang di ambil secara Proportional Random Sampling sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah diujikan terlebih dahulu validitasnya. Hasil penelitian berdasarkan analisa regresi diperoleh persamaan regresi Y = 37,083 + 0,237X1 + 0,467X2 hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil persepsi siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,034 > 2,011 dan nilai sig 0,048< 0,05, persepsi siswa tentang keterampilan guru mengejar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,530 < 2,011 dan nilai sig 0,000 > 0,05. Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji F, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 27,534 > 3,20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kepemimpinan kepala sekolah dan keterampian guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Medan T.A 2016/2017