ctrlnum 23127
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23127/</relation><title>HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN&#xD; PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN&#xD; EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN&#xD; T.P. 2016/2017</title><creator>Ritonga, Sri Dewi</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara&#xD; motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan&#xD; penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kemandirian&#xD; belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri&#xD; 11 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Negeri 11&#xD; Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang&#xD; berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik total&#xD; sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket.&#xD; Berdasarkan hasil analisis korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh&#xD; bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar&#xD; siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung&gt;&#xD; rtabel (0,638 &gt;0,254). Hasil analisis korelasi antara variabel X2 dengan Y diperoleh&#xD; ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar&#xD; siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung&gt;&#xD; rtabel (0,629 &gt;0,254). Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi&#xD; linier diperoleh persamaan regresi ganda adalah Y = 10,405 + 0,627 X1 + 0,661&#xD; X2. Hasil ini menunjukkan bahwa jika motivasi (X1) dan kemandirian belajar (X2)&#xD; masing-masing ditingkatkan satu satuan maka akan diikuti oleh peningkatan&#xD; prestasi belajar (Y) sebesar 0,627 + 0,661 satuan pada konstanta sebesar 10,405.&#xD; Nilai Fhitung sebesar 30,601 lebih besar dari Ftabel 3,16 membuktikan bahwa H1&#xD; diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara&#xD; motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Nilai koefisien&#xD; determinasi (R2) sebesar 0,518 menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas&#xD; (motivasi dan kemandirian belajar) dengan variabel terikat (prestasi belajar)&#xD; adalah sebesar 51,8%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi&#xD; (X1) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,22%, sedangkan sumbangan&#xD; efektif yang diberikan oleh variabel kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi&#xD; belajar adalah sebesar 34,74%.&#xD; Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang&#xD; positif antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa pada&#xD; mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.</description><date>2017-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/1/1.%20NIM%207123341109%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/2/2.%20NIM%207123341109%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/3/4.%20NIM%207123341109%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/4/3.%20NIM%207123341109%20KNOWLEDGMENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/5/5.%20NIM%207123341109%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/6/6.%20NIM%207123341109%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/7/7.%20NIM%207123341109%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/8/8.%20NIM%207123341109%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/9/12.%20NIM%207123341109%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23127/10/13.%20NIM%207123341109%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Ritonga, Sri Dewi (2017) HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23127</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ritonga, Sri Dewi
title HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2016/2017
publishDate 2017
isbn 207123341109
topic BF501 Motivation
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/23127/1/1.%20NIM%207123341109%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/2/2.%20NIM%207123341109%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/3/4.%20NIM%207123341109%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/4/3.%20NIM%207123341109%20KNOWLEDGMENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/5/5.%20NIM%207123341109%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/6/6.%20NIM%207123341109%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/7/7.%20NIM%207123341109%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/8/8.%20NIM%207123341109%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/9/12.%20NIM%207123341109%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/10/13.%20NIM%207123341109%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23127/
contents Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung> rtabel (0,638 >0,254). Hasil analisis korelasi antara variabel X2 dengan Y diperoleh ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung> rtabel (0,629 >0,254). Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier diperoleh persamaan regresi ganda adalah Y = 10,405 + 0,627 X1 + 0,661 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa jika motivasi (X1) dan kemandirian belajar (X2) masing-masing ditingkatkan satu satuan maka akan diikuti oleh peningkatan prestasi belajar (Y) sebesar 0,627 + 0,661 satuan pada konstanta sebesar 10,405. Nilai Fhitung sebesar 30,601 lebih besar dari Ftabel 3,16 membuktikan bahwa H1 diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,518 menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas (motivasi dan kemandirian belajar) dengan variabel terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 51,8%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi (X1) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,22%, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 34,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.
id IOS3150.23127
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:29Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:29Z
recordtype dc
_version_ 1766033429059600384
score 17.538404