PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar dan perkembangan komunikasi interpersonal siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari empat kelas. Melalui teknik cluster random sampling, maka terpilih dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan uji t. Sedangkan data komunikasi interpersonal siswa diperoleh melalui lembar observasi dan dianalaisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan perkembangan komunikasi interpersonal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki pengaruh yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi fluida dinamis di Kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.