Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan metode pendekatan bermain terhadap keberhasilan belajar pada teknik dasar renang gaya dada dikelas XI SMK Negeri 1 Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, kemudian diambil sampel peneltian sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI-TSM 2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui metode pendekatan bermain. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 14 orang (43,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang (56,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,7. (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 28 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 81. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,32 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode pendekatan bermain efektif meningkatkan hasil belajar teknik dasar renang gaya dada. Berdasarkan Analisis Data Dapat Dikatakan Bahwa Melalui Metode Mengajar Pendekatan Bermain Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Dan Juga Sangat Efektif Pada Siswa Smk Negeri 1 Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017