Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Menggunakan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Control group Pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MS SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas, yaitu kelas X MS 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MS 3 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar berbentuk essay sebanyak 8 soal yang telah divalidkan oleh validator, dan lembar observasi aktivitas dan afektif siswa pada model pembelajaran berdasarkan masalah. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,54 dan kelas kontrol 35,57. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh thitung = - 0,716 dan ttabel = 1,997sehingga thitung< ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Setelah diberi perlakuan di masing-masing kelas, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73,80 dan kelas kontrol 60,82. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen, setelah itu dilakukan uji t satu pihak, hasil uji t diperoleh thitung = 7,47 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung> ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima,dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak lurus kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 74,12 termasuk dalam kriteria aktif.