UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galang tahun ajaran 2016/ 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 yang berjumlah 32 Siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk aplikasi pembelajaran passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 62,23 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,75 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,59 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada test awal adalah 31,25%, pada test siklus I meningkat menjadi 59,38% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 87,50%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 6,52 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 11,84 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 28,13 % dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 28,12 %. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galang T.A. 2016/2017.