Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble bola basket melalui media modifikasi bola dengan variasi pembelajaran pada siswa kelas Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa/siswi sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui media modifikasi bola dengan variasi pembelajaran terhadap hasil belajar dribble bola basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 18 orang siswa (56,25%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (43,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 70,62. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 28 orang siswa (87,50%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (12,50%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata 80,62. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi bola dengan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas Kelas X SMA Negeri 2 Kota Padangsidimpuan 2016/2017.