Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual (Video) Terhadap Hasil Belajar Melakukan Overhaul Sistem Pendingin Dan Komponen-Komponennya Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 5 Medan Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas XII TKR 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan Kelas XII TKR 3 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 35 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan strategi Pembelajaran dengan menggunakan media Audiovisual (Video), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan strategi pembelajaran tanpa menggunakan media Audiovisual (Video). Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan media Audiovisual (video) dengan tanpa media Audiovisual (video) pada mata pelajaran Melakukan Overhaul Sistem Pendingin Dan Komponen-Komponennya Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,568 > 1,998 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audiovisual (video) dapat meningkatkan hasil belajar siswa