PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada mata diklat alat ukur kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan pengukuran dasar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bandung 2 Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bandung 2 Deli serdang sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan/atau pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharan jangka sorong dan mikrometer sesuai dengan prosedur operasi standar. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus I, Siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest untuk melihat kemampuan awal siswa. Pada siklus I Nilai rata – rata siswa 74,28 dengan ketuntasan klasikal 67,85% dan setelah dilakukannya perbaikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siklus II diperoleh Nilai rata – rata siswa menjadi 87,14 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat alat ukur kompetensi dasar memelihara peralatan pembanding dan pengukuran dasar dari nilai tahun sebelumnya dengan rata rata nilai hasil belajar 67,66, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata – rata nilai Hasil Belajar menjadi 76,69 dengan ketuntasan kelasikal 67,85% , dan pada siklus II rata – rata hasil belajar Siswa meningkat menjadi 84,43 dengan ketuntasan kelasikal 85,71%.