PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANYAM VAS BUNGA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGAL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui hasil belajar menganyam vas bunga dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. 2) Mengetahui hasil belajar menganyam vas bunga dengan menggunakan strategi pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. 3) Mengetahui sejauh mana pengaruh strategi Practice-Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar menganyam vas bunga di kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal, Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak enam kelas dengan jumlah siswa 222 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas VIII5 dan VIII6, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menganyam vas bunga pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal untuk kelas ekperimen cenderung baik yaitu 36,11%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar menganyam vas bunga untuk kelas kontrol cenderung cukup 70,27%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 36, diperoleh data hasil belajar menganyam vas bunga kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel (0, 024367 < 0,147) dan kelas kontrol dengan dk = 37, berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0.059011<0,147). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,65 < 1,73. Sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogeny). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5,8451dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 71 sebesar 1,6686. Dengan demikian thitung> ttabel yaitu 5,8451> 1,6686. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Strategi Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Menganyam Vas Bunga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Strategi Practice-Rehearsal Pairs baik digunakan di SMP Negeri 2 Sunggal terutama dalam mata pelajaran keterampilan.