Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 350 siswa. Dari 350 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 35 siswa yang diambil menggunakan random sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasih eksperimen two group post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot siswa tanpa menggunakan media karikatur tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 66,04, sedangkan kemampuan menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan media karikatur tergolong baik dengan rata-rata (mean) yang diperoleh siswa 76,6. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan