Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya (RAB) pada siswa kelas XI Program Keahlian teknik kontruksi batu dan beton di SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang mempengaruhi belajar siswa yaitu faktor internal, diantaranya disiplin belajar dan motivasi belajar yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Deskriptif jenis Studi Korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel yang akan diteliti. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Di SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 50 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket disiplin, angket motivasi dan tes soal pilihan berganda. Uji normalitas masing-masing variabel penelitian pada α = 0.05 dengan sampel 50 berdistribusi normal didapat hasil sebagai berikut : 1) Galat taksiran Y ̂ atas X1 yaitu L0 = 0,077 < Ltab = 0.125. 2) Galat taksiran Y ̂ atas X2 yaitu L0 = 0,084 < Ltab = 0.125. Uji liniearitas persamaan regresi masing-masing variabel penelitian pada taraf signifikansi 5% mempunyai hubungan liniear didapat hasil : 1) Persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 16,856 + 0,778 X1 dimana Fh = 1.12 < Ft = 1,98. 2) Persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y = 24,499 + 0,676 X2 dimana Fh = 0.60 < Ft = 1,98. Uji keberartian persamaan regresi antara variabel penelitian mempunyai hubungan positif dan berarti pada taraf signifikansi 5% didapat hasil : 1) Persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 16,856 + 0,778 X1 dimana Fh = 34,47 > Ft = 4,04. 2) Persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Y = 24,499 + 0,676 X2 dimana Fh = 40,42 > Ft = 4,04. 3) Persamaan regresi ganda Y atas X1 dan X2 yaitu : Y = 5,479 + 0,451 X1 + 0,454 X2 dimana Fh = 10,216 > Ft = 3,20. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara : 1) Disiplin Belajar (X1) dengan Hasil Belajar Menyusun Rencana Anggaran Biaya (Y) dapat diterima. 2) Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Menyusun Rencana Anggaran Biaya (Y) dapat diterima. 3) Disiplin Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menyusun Rencana Anggaran Biaya (Y) dapat diterima.