PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TEERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK TUMPANG TINDIH PADA ALAS PANAS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BERASTAGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas setelah menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. 3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas setelah menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart di kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam peneitian ini berjumlah 97 siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK negeri 1 Berastagi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 3 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi eksperimen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas pada siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi untuk kelas eksperimen cenderung sangat tinggi yaitu 75%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas untuk kelas kontrol cenderung tinggi namun hanya 46,87%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 32, di peroleh data hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas kelas eksperimen berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0,051592 < 0,156) dan kelas kontrol dengan dk = 32, berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0,018296 < 0,156). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,45 < 1,83 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh nilai thitung sebesar 4,261 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 62 sebesar 1,671. Dengan demikian thitung>ttabel (4,261 > 1,671). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar teknik tumpang tindih pada alas panas siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. Berdasarkan hasil perhitunga diatas, dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart baik digunakan di SMK Negeri 1 Berastagi terutama dalam mata pelajaran jahit perca.