PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI LANGSA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kelayakan bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal, (2) hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Langsa pada materi menulis cerpen dengan pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal, (3) keefektifan bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick dan Carrey. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Langsa pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 86,02 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 81,73% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 81,11% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 83,33% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,19% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,40% dengan kriteria sangat baik, (6) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar 68,71 dan hasil belajar rata-rata siswa setelah menggunakan bahan ajar 77,72, dan (7) keefektifan bahan ajar dengan persentase 77,72% dengan kriteria baik. Dengan demikian, bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.