Daftar Isi:
  • Adapun hal yang menjadi latarbelakang dalam penelitian ini adalah kesulitan yang sering dihadapi guru dalam mengajarkan materi tari dikarenakan SDM guru yang bukan jurusan tari serta waktu yang terbatas untuk mengajarkan materi tari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengemasan tari Gubang berbasis media audio visual dan bagaimana bentuk media pembelajaran tari Gubang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengemasan menurut (Danger, 1992:3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengemasan tari Gubang berbasis audio visual bagi siswa kelas X di sekolah menengah kejuruan (smk) negeri 4 Tanjungbalai. Populasi dalam penenlitian ini adalah siswa SMK Negeri 4 Tanjungbalai, dari populasi ini diambil siswa kelas X. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pelaksanaan metode kualitatif tidak terlepas pada pengumpulan data dilakukan dengan obsesrvasi, studi pustaka, dokumentasi. Penelitian ini membahas tentang pengemasan tari Gubang dengan menggunakan media audio visual untuk mempermudah guru dalam mengajarkan materi tari Gubang kepada siswa. Adapun hasil dari penlitian ini adalah terbentuknya produk berupa sebuah media pembelajaran tari Gubang dengan menggunakan media audio visual berupa video pembelajaran tari Gubang dan gambar penjelasan tentang tari Gubang berupa motif, ragam, dan penyajian tari Gubang. Serta petunjuk untuk pedoman pembelajaran tari Gubang.