PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarangroup investigation terhadap kemampuan memahami isi berita. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 263 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan memahami berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan metode konvensional ceramah termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 72,03, standar deviasi =7,16 sedangkan kemampuan memahami isi berita dengan menggunakan model pembelajaran group investigationmasuk dalam kategori yang sangat baik dengan nilai rata-rata 83,12, dengan standar deviasi = 7,26. Dari uji data hasil test kelas kontrol dan kelas eksperimen didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat sampel penelitian berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas, didapatlah t0 sebesar 6,09. Selanjutnya setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df =(N1+N2)-2= (32+32)-2= 62diperoleh taraf signifikansi 5% =1,99, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,09 >1,99, maka hipotesis penelitian (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat taraf signifikansi atas penerapan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan memahami isi berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016.