PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tebingtinggi Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 248 siswa. Dari 248 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil menggunakan purposive sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasih eksperimen one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa sebelum menggunakan model discovery learning tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 51,60, sedangkan kemampuan menulis teks berit siswa setelah menggunakan model discovery learning tergolong baik dengan rata-rata (mean) yang diperoleh siswa 75,80. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan