Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Medan T.A 2016/2017 berdasarkan standar Proses. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri 5 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total (total sampling) yaitu seluruh guru geografi yang ada di SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan studi dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analasis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Medan berdasarkan standar proses dilihat dari aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajarana (RPP). responden I memperoleh nilai rata-rata 72,22, responden II memperoleh nilai rata-rata 73,14 sedangkan responden III memperoleh nilai rata-rata 81,48 sehingga rata-rata nilai yang diperoleh oleh ketiga responden adalah 75,60 yang termasuk kedalam kategori cukup, sedangkan dilihat dari proses Pelaksanaan Pembelajaran responden I memperoleh nilai rata-rata 73,05, responden II memperoleh nilai rata-rata 66,46 sedangkan responden III mendapatkan nilai rata-rata 63,65 sehingga rata-rata nilai yang diperoleh oleh ketiga responden adalah adalah 67,72 yang termasuk kategori kurang. Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Medan berdasarkan standar proses memperoleh nilai rata-rata 71,65 yang termasuk kedalam kategori cukup. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi berdasarkan standar proses dikategorikan cukup