PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh perangkat pembelajaran pendekatan berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan berbasis masalah. Tahapan penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan instruksional model 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Desain uji coba pada penelitian ini menggunakan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas VII-B. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas VII-A. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrument yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. (1) Rata-rata total validitas untuk RPP: 4,08; LAS:4,15; Buku Guru:4,05; Buku Siswa: 4,07; Tes hasil belajar:Valid, hasil validasi ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 4 ≤ Va < 5). (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil; lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,28, respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27. Hasil uji keterbacaan ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3) Efektifitas dilihat dari uji coba lapangan yaitu: ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru menggunakan perangkat pembelajaran dalam kategori baik (3,50-4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan berbasis masalah.