Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PKn dalam pembinaan moral siswa sebagai media pengembangan karakter kebangsaan di kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 320 orang dan sampel yang digunakan 20 % dari jumlah populasi siswa yaitu 64 orang siswa dari kelas VIII. Pengambilan sampel ditetapkan secara acak sederhana (random sampling) dan untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi dengan menggunakan rumus presentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru PKn telah cukup berhasil melakukan pembinaan kepada siswa. Moral merupakan perilaku terpuji yang hendaknya dimiliki seorang siswa, untuk itu peran dan upaya guru PKn dalam hal ini sangat dipentingkan demi membangun siswa yang bermoral. Dalam hal ini upaya yang dilakukan oleh guru PKn upaya merupakan suatu proses, cara perbuatan membina, usaha tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara efisien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Guru PKn juga dapat mengembangkan karakter peserta didik untuk berperilaku baik mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila.