Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran PPKn Dalam Pembentukan Karakter Siswa Yang Sesuai Dengan Nilai Pancasila di SMP Negeri 3 Galang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Galang yang berjumlah 443 orang. Sampel dalam penelitian ini 10% dari jumlah keseluruhan populasi yaitu sebanyak 44 siswa diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 30 soal dan diisi oleh responden (sampel). Peran guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai Pancasila di SMP Negeri 3 Galang yaitu mengajarkan serta menerapkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa agar nantinya terbentuk karakter siswa yang memiliki nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 68,1% guru PPKn berperan dalam pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila di SMP Negeri 3 Galang. Adapun upaya yang dilakukan guru PPKn yaitu membimbingdan mengarahkan para peserta didikuntuk selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila, seperti halnya mengamalkan nilai KeTuhanan, nilai Kemanusiaan, nilai Persatuan, nilai Kerakyatan, dan nilai Keadilan. Hal tersebut dilakukan agar nantinya para peserta didik menjadi seorang siswa yang memiliki kepribadian yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam dirinya dan menjadi warga negara yang lebih baik kedepannya