ctrlnum 23041
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23041/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P. 2016/2017</title><creator>Siburian, Juni Astuti</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMAN 9 Medan T.P. 2016/2017.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMAN 9 Medan yang berjumlah 270 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas X-4 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data penelitian ada satu macam yaitu dalam bentuk hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,71 dan kelas kontrol adalah 33,14, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70 dan kelas kontrol 49. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung &gt; ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMAN 9 Medan T.P. 2016/2017.</description><date>2016-11-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/4/1.%204123321026%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/6/2.%204123321026%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/7/3.%204123321026%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/8/4.%20412321026%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/9/5.%204123321026%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/10/6.%204123321026%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/11/7.%204123321026%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/5/8.%204123321026%20APPENDICS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/1/9.%204123321026%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/2/13.%204123321026%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23041/3/14.%204123321026%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Siburian, Juni Astuti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23041</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siburian, Juni Astuti
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P. 2016/2017
publishDate 2016
isbn 204123321026
20412321026
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QC Physics
url http://digilib.unimed.ac.id/23041/4/1.%204123321026%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/6/2.%204123321026%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/7/3.%204123321026%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/8/4.%20412321026%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/9/5.%204123321026%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/10/6.%204123321026%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/11/7.%204123321026%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/5/8.%204123321026%20APPENDICS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/1/9.%204123321026%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/2/13.%204123321026%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/3/14.%204123321026%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23041/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMAN 9 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMAN 9 Medan yang berjumlah 270 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas X-4 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data penelitian ada satu macam yaitu dalam bentuk hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,71 dan kelas kontrol adalah 33,14, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70 dan kelas kontrol 49. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMAN 9 Medan T.P. 2016/2017.
id IOS3150.23041
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:29Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:29Z
recordtype dc
_version_ 1766033428430454784
score 17.538404