PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar Siswa dengan Kombinasi Model Kooperatif Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 orang. Pada setiap siklus diadakan test hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa diawal proses pembelajaran adalah 35,71, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 0% (tidak ada nilai siswa yang mencapai KKM 70). Hasil belajar post-test siswa menunjukkkan terjadi peningkatan, dari hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar post-test siswa pada siklus I adalah 64,19, terdapat 22 orang siswa yang tuntas mencapai KKM dan nilai ketuntasan klasikal 55% (belum tuntas karena hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar ≥ 85%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 74,20, terdapat 34 orang siswa yang tuntas mencapai KKM dan nilai ketuntasan klasikal 85% (tuntas, karena hal ini sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar ≥ 85%). Terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa sebesar 30%. Berdasarkan persentasi keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II, menunjukkkan terjadi peningkatan. Pada siklus I tingkat keaktifan siswa sebesar 60% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa sebesar 27,5%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa Kombinasi Model Kooperatif Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.