UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII- 6 SMP NEGERI 1 PANCUR BATU T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Pancur Batu T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 34 orang siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan strategi pembelajaran Inkuiri pada sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik, observasi pembelajaran, tes pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap soal pemecahan masalah matematis dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 10 dari 34 orang siswa (29,4 %) dengan rata-rata nilai kelas 58. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 20 orang siswa (58,9 %) dengan rata-rata kelas 67,1 mengalami peningkatan pada siklus II dengan strategi pembelajaran inkuiri diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 29 orang siswa (85,29 %) dengan rata-rata 74,3. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dan tuntas sesuai ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan melalui pembelajaran inkuiri. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan strategi pembelajaran inkuiri sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan, tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.