UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble dalam permainan bola basket melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 36 orang yang diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dribble yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Instumen penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan gerak dribble bola basket yang berbentuk portofolio. Analisis data dilakukan dengan deskriptif data, mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar . Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gaya mengajar resiprokal berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe tahun ajaran 2016/2017. Nilai ratarata pada data awal adalah 70,167 ( Tidak tuntas ), pada tes siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,450 ( Tidak tuntas ), pada pelaksanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat mencapai 80,552 ( Tuntas ). Persentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal adalah 33,33 %, pada tes siklus I meningkat menjadi 55,56 % dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 88,89 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar dribble permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017