Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rantau-Selatan melalui penerapan metode inkuiri. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 2 Rantau-Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rantau-Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada petrmainan sepak bola dengan menggunakan lembar fortofolio. Melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada test awal yang dilakukan terdapat 7 Siswa ( 21,33%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 60.95. Ketuntasan belajar siswa pada post tes siklus I mencapai 15 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 42,85% dengan nilai rata-rata 63.80. Dan ketuntasan belajar siswa pada post test siklus II mencapai 30 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 85,71% dengan rata-rata nilai 72.14. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui penerapan metode inkuiri di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau-Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola di SMA Negeri 2 Rantau-Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.