Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass bola basket menggunakan media modifikasi dengan variasi pembelajaran pada siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 20116/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindkan kelas.Dalam memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan variasi chest pass bola basket maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik dasar chest pass bola basket. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) pada siklus I dapat dilihat bahwa dari 40 orang siswa yang menjadi subjek penelitian ini,ternyata 25 orang siswa (62,50%) yang sudah memiliki ketuntasan hasil belajar,sedang selebihnya yaitu 15 orang siswa(37,50%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 70,62. (2) pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 40 orang siswa, terdapat 35 orang siswa (87,50%)yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (12,50%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 76,40. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan modifikasi dan variasi dalam belajar dapat meningkatkan hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.