ctrlnum 23002
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23002/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SALAPIAN T.P 2015/2016</title><creator>Dewi, Rosita</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Konseptual Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Salapian T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test yang telah divalidasi serta lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Berdasarkan analisa data yang diperoleh maka nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 25,82 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 22,38. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varins yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh t_hitung = 1,71 dan t_tabel = 1,98 sehingga t_hitung&lt;t_tabelmaka Ho diterima berarti kedua sampel memiliki kesamaan kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 79,05 sedangkan kelas kontrol yaitu 72,08. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh t_hitung = 2,55 dan t_tabel = 1,67 sehingga t_hitung&gt;t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Salapian T.P 2015/2016 dan nilai rata-rata persentase aktivitas di kelas eksperimen pada pertemuan I,II,III,dan IV yaitu 72,29 dengan kriteria aktif.</description><date>2017-01-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/5/1.%20NIM%204121121025%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/6/2.%20NIM%204121121025%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/7/3.%20NIM%204121121025%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/8/4.%20NIM%204121121025%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/9/5.%20NIM%204121121025%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/11/6.%20NIM%204121121025%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/10/7.%20NIM%204121121025%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/4/8.%20NIM%204121121025%20APPENDDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/2/9.%20NIM%204121121025%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/1/13.%20NIM%204121121025%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23002/3/14.%20NIM%204121121025%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Dewi, Rosita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SALAPIAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23002</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dewi, Rosita
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SALAPIAN T.P 2015/2016
publishDate 2017
isbn 204121121025
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QC Physics
url http://digilib.unimed.ac.id/23002/5/1.%20NIM%204121121025%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/6/2.%20NIM%204121121025%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/7/3.%20NIM%204121121025%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/8/4.%20NIM%204121121025%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/9/5.%20NIM%204121121025%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/11/6.%20NIM%204121121025%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/10/7.%20NIM%204121121025%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/4/8.%20NIM%204121121025%20APPENDDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/2/9.%20NIM%204121121025%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/1/13.%20NIM%204121121025%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/3/14.%20NIM%204121121025%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23002/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Konseptual Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Salapian T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test yang telah divalidasi serta lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Berdasarkan analisa data yang diperoleh maka nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 25,82 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 22,38. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varins yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh t_hitung = 1,71 dan t_tabel = 1,98 sehingga t_hitung<t_tabelmaka Ho diterima berarti kedua sampel memiliki kesamaan kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 79,05 sedangkan kelas kontrol yaitu 72,08. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh t_hitung = 2,55 dan t_tabel = 1,67 sehingga t_hitung>t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Salapian T.P 2015/2016 dan nilai rata-rata persentase aktivitas di kelas eksperimen pada pertemuan I,II,III,dan IV yaitu 72,29 dengan kriteria aktif.
id IOS3150.23002
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:27Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:27Z
recordtype dc
_version_ 1766033428256391168
score 17.538404