PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI MODEL PENGEMBANGAN PADA SMA DI KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru matematika menyusun rencana pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 melalui supervisi model pengembangan pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek penelitian ini adalah guru–guru pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi berjumlah 7 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran Matematika. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 digunakan pedoman wawancara dan daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 25 dengan skor maksimum 75. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi model pengembangan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru Matematika menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 setelah dilakukan supervisi model pengembangan pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan Nilai 77,5 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 86,7. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi model pengembangan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika menyusun rencana pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek penelitian ini adalah guru–guru pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi.