Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Anatomi dan Fisiologi Kulit dengan menggunakan Strategi pembelajaran Ekspositori, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Anatomi dan Fisiologi Kulit dengan menggunakan Strategi pembelajaran Kontekstual berbantuan media Powerpoint bergerak di kelas X SMK Negeri 8 Medan, 3) untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Powerpoint Bergerak Terhadap Hasil Belajar Anatomi dan Fisiologi Kecantikan kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Kecantikan Kulit dan kelas X Kecantikan Rambut yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 64 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes Anatomi dan Fisiologi Kecantikan Persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada materi Anatomi dan Fisiologi Kulit pada kelas eksperimen (menggunakan Strategi pembelajaran Kontekstual berbantuan media Powerpoint bergerak) diperoleh nilai rata- rata sebesar 77,16 dan standar deviasi 6,59 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 50% dan tinggi sebesar 50%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Strategi pembelajaran Ekspositori) diperoleh nilai rata-rata 67,26 dan standar deviasi 7,05 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 21,8% dan tinggi sebesar 78,1%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 19,41 dengan ttabel pada dk 62 yaitu sebesar 1,67. Maka thitung > ttabel yaitu (19,41 > 1,67), yang artinya bahwa Hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh Strategi pembelajaran Kontekstual berbantuan media Powerpoint Bergerak terhadap hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Kecantikan pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan diterima.