Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar Kecantikan Rambut Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 32 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin pada tanggal 11 november 2016 diperoleh 40 soal yang valid dari 50 soal, indeks kesukaran tes diperoleh 46 soal sedang dan 4 mudah, daya beda 14 soal jelek, 20 soal cukup, dan 16 soal baik, uji realibilitas tes diperoleh 0,91 (sangat tinggi). Adapun lembar observasi bertujuan untuk melihat aktivitas siswa dalam penelitian ini yang terdiri dari dua orang observer yaitu guru dan dibantu dengan peneliti. Berdasarkan hasil observasi awal atau siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal ≥ 75 adalah 50% dan nilai rata-rata kelas 71,53% dan observasi di siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal ≥ 75 adalah 75% dan nilai rata-rata kelas 77,37%. Setelah pemberian tindakan I diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 6,25% dan nilai rata-rata 60,45, setelah pemberian siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar yaitu 81,25% dan nilai rata-rata kelas 84,11. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pretes ke siklus I terdiri dari I pertemuan adalah 18.40% dan siklus II terdiri dari I pertemuan adalah 75% tahapan Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan reffleksi (reflecting). Adapun selisih nilai setiap siklus adalah 23,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar dasar kecantikan rambut pada siswa smk tata kecantikan Smk Negeri 1 Lubuk Pakam.