Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sikap lilin dalam pembelajaran Senam Lantai Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas VII 4 yang berjumlah sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 16 putra dan 8 putri yang akan diberikan tindakan melalui Gaya Mengajar Resiprokal terhadap proses belajar Sikap Lilin Dalam Pembelajaran Senam Lantai. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal (pre-test) diperoleh 8 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (33,33%), sedangkan 16 siswa belum mencapai ketuntasan belajar ( 66,67%) dengan nilai rata-rata 7,2. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (54,16%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (45,83%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 8,12. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (12,5%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 86,60. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 33,34% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 10,41. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Gaya Mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar sikap lilin dalam pembelajaran Senam Lantai Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017