UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG PADA PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajar servis panjang pada permainan bulutangkis dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik servis panjang bulutangkis sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 7 siswa (23,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (76,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar servis panjang pada permainan bulutangkis dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada