Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar kerja siswa (LKS) untuk pembelajaran saintifik berbasis lesson study pada pokok bahasan laju reaksi sesuai standar BSNP. Hasil pengembangan LKS divalidasi oleh dosen kimia dan guru kimia dengan menggunakan angket BSNP. Berdasarkan persepsi dosen kimia sebagai validator ahli dan guru kimia terhadap Lembar Kerja Siswa untuk pembelajaran Saintifik berbasis Lesson Study yang dikembangkan pada materi Laju Reaksi kelayakan isi memiliki rata-rata 3,77, kelayakan bahasa memiliki rata-rata 3,79, kelayakan penyajian memliki rata-rata 3,65 dan kelayakan kegrafikan memiliki rata-rata 3,40. Maka rata-rata nilai kelayakan LKS yang dikembangkan berada pada kisaran 3,26-4,00 yang berarti bahwa LKS tersebut telah valid dan layak dipergunakan. Uji coba LKS dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Swasta Cerdas Murni. Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan LKS dengan pembelajaran Saintifik berbasis Lesson Study lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS pembanding, dimana peningkatan Hasil belajar sebesar 80%.