Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah model kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterlibatan siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 36 Medan. (2) Mengetahu bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 36 Medan pada topik operasi hitung bentuk aljabar melalui pembelajaran model kooperatif Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 36 Medan yang berjumlah 30 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan keterlibatan belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar tahun ajaran 2016/2017. Cara pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tes, dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh rata – rata 50%, meningkat pada siklus II diperoleh 86.7%. dari hasil tes awal diperoleh 13 orang siswa yang tuntas, ketuntasan klasikal 43,3%, rata –rata nilai tes 51,61%. Dari tes hasil belajar diperoleh 18 orang siswa yang tuntas,dengan ketuntasan klasikal 60%, rata –rata nilai tes 69,66%. Rata – rata nilai tes siswa meningkat 18,38% dari tes awal. Karena hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang belum mencapai ketuntasan klasikal , maka pembelajaran dilanjutkan kesiklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II dilaksanakan dengan memgajak siswa lebih aktif untuk bertanya, memberikan soal latihan dan memberikan lebih banyak bimbingan saat proses pembelajaran upaya – upaya tersebut dari hasil belajar II diperoleh siswa yang tuntas 26 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 86%, rata-rata nilai tes 86,16%. Dari hasil penelitian yang dapat dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran numbered head together (NHT) dapat meningkatkan keterlibatan siswa SMP NEGERI 36 MEDAN.