PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (2) Mengetahui perbedaan self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (3) Mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMP Kelas VII Swasta Asuhan Jaya T.A. 2015/2016, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas VII yang homogen berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (2) Terdapat perbedaan self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (3) Terdapat interaksi antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Terdapat interaksi antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan kemampuan awal matematika terhadap self efficacy siswa.