PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI

Main Author: Sigalingging, Enli Tri Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/22921/2/01.%20NIM.%205123341009%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/4/02.%20NIM.%205123341009%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/7/03.%20NIM.%205123341009%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/8/04.%20NIM.%205123341009%20PREFACE%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/6/05.%20NIM.%205123341009%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/10/06.%20NIM.%205123341009%20LIST%20%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/9/07.%20NIM.%205123341009%20LIST%20%20OF%20FIGURES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/11/08.%20NIM.%205123341009%20LIST%20OF%20DESIGN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/5/09.%20NIM.%205123341009%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/3/010.%20NIM.%205123341009%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/1/014.%20NIM.%205123341009%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/4/015.%20NIM.%205123341009%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22921/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan desain media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Macromedia Flash Professional 8 pada mata pelajaran membuat pola dan 2) mengetahui kelayakan atau efektifitas desain media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Macromedia Flash professional 8 pada mata pelajaran membuat pola di SMK Negeri 1 Laguboti. Serta media yang layak dan dapat digunakan sebagai pengembangan media pemnbelajaran yang baru yang membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran membuat pola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahap atau prosedur yang sudah diadaptasi yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media dan uji coba. Subjek uji coba penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Desain uji coba ada dua tahap yaitu (Tahap Validasi) dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, angket analisis kebutuhan, validator dan angket efektivitas meliputi skala penilaian dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggnakan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran membuat pola ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu 1) hasil penilaian Ahli Materi dengan persentase hasil penilaian 94.44% dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil penilaian Ahli Media dengan persentase hasil penilaian 90.47% dengan kriteria “Sangat Baik”, 2) hasil penilaian uji coba Kelompok Kecil dengan persentase hasil penilaian 63.3% dengan kriteria “ Baik”, uji coba Kelompok Sedang dengan persentase hasil penilaian 81.05% dengan kriteria “Sangat Setuju”, dan uji coba Belompok Besar dengan persentase hasil penilaian 86.02% dengan kriteria “Sangat Setuju”, 3) uji coba efektivitas guru dengan persentase hasil penilaian 93.33% dengan kriteria “Sangat Setuju”, dan uji efektivitas siswa dengan persentase hasil penilaian 85.89% dengan kriteria “Sangat Setuju”. Dengan demikian, desain pengembanagan media berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran membuat pola kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti dianggap layak untuk dijadikan desain media pembelajaran.