PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan ekspositori. Metode yang di pergunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen yaitu memberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan pada kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian terbagi atas dua kelas dan secara acak ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. X TIPTL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan perlakuan strategi pembelajaran ekspositori dan X TIPTL 2 sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan perlakuan discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Hasil Uji yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik dengan materi peralatan tangan yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dimana Lo= 0,181< Ltabel= 0.886 pada taraf signifikansi α = 5% adalah berdistribusi normal dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik dengan materi peralatan tangan yang diajarkan dengan strategi ekspositori dimana Lo= 0.0948 < Ltabel= 0.886 pada taraf signifikansi α = 5% adalah berdistribusi normal. Dari hasil pengujian pada taraf 0,05 diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,42 > 1,658 menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terahadap hasil belajar siswa.