KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membandingkan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks sisiswa kelas XI MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 803 siswa. Dari 803 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 42 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membandingkan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 77,38. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik diperoleh oleh 7 orang = 16,66%, rentang nilai 76-85 dengan kategori baik diperoleh oleh 12 orang = 28,57%, rentang nilai 56-75 dengan kategori cukup diperoleh oleh 23 orang = 54,76%, dan rentang nilai 10-55 dalam kategori kurang tidak ada. Dari data juga diperoleh nilai rata-rata setiap aspek yaitu: (1) nilai membandingkan struktur teks prosedur kompleks adalah 80,92 berada pada kategori baik, (2) nilai rata-rata membandingkan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah 72,00 berada pada kategori cukup, dan (3) nilai rata-rata membandingkan isi teks prosedur kompleks adalah 80,80 berada pada kategori baik.