Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kalam Kudus Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas IX-D dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan bergannda serta penugasan. Dari pengolahan data, diketahui tingkat penguasaan kosakata siswa tergolong baik dengan rata-rata sebesar 72,88. Sementara dari penugasan, diketahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita tergolong baik dengan rata-rata sebesar 70,61. Dari hasil analisis data yang dilakukan, ternyata ada hubungan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks berita. Adanya hubungan ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi yang diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment Pearson. Dari hasil pengujian diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,78 lebih besar dari rtabel 0,344 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai ini tergolong interpretasi tinggi dengan kontribusi sebesar 60,84%. Pada persamaan regresi Ŷ = 9,07 + 0,84X, setiap peningkatan penguasaan kosakata sebesar satu satuan, terjadi hasil peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa sebesar 0,84 satuan. Mengacu pada arti kelinieran regresi tersebut, diperoleh gambaran bahwa penguasaan kosakata turut menentukan kemampuan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Kalam Kudus Medan.