Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (2) Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (3) Efektifitas bahan ajar yang dikembangkan, (4) Respon siswa dalam menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (5) Jenis kesalahan penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar yang dikembangkan di kelas VII/1 dan VII/2 MTs YMPI Tanjungbalai. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) bahan ajar memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; (4) respon siswa positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan; (5) terdapat 4 jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis budaya dengan pendekatan realistik sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah kontekstual yang diberikan.