Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode SQ3R hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah 130 orang dan sampel penelitian dilakukan terhadap 64 siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak). Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 32 siswa kelompok ekperimen dan 32 siswa kelompok kontrol. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode SQ3R, hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose, dan perbedaan hasil pemahaman isi wacana antara yang menggunakan metode SQ3R dengan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif (objektif tes). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode SQ3R oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009 adalah baik dengan nilai rata-rata 70,13. Hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose adalah cukup dengan nilai rata-rata 65,44. Selanjutnya ada perbedaan yang signifikan hasil pemahaman isi wacana antara yang menggunakan metode SQ3R dengan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009 di mana nilai t hitung > t tabel(0,05), yakni 14,21 > 2,00.