Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi mastery learning dalam menentukan makna kata ulang dalam konteks kalimat oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2008/2009 yang berjumlah 160 orang. Dari 160 orang siswa diambil sampel sebanyak 50 orang siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 25 orang siswa sebagai kelompok eksperimen yakni kelompok yang mendapat perlakuan metode pembelajaran strategi mastery learning dan 25 orang siswa lagi menjadi kelompok kontrol yakni kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design post-test only design group yaitu untuk melihat pengaruh metode pembelajaran strategi mastery learning dalam menentukan makna kata ulang dalam konteks kalimat oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2008/2009. Rumus yang digunakan adalah rumus dari Sudijono, 2006:314, yaitu : to = MX MY SE Mx My − − Data hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata hasil pembelajaran menentukan makna kata ulang dengan menggunakan metode pembelajaran strategi mastery learning lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Yakni, dengan menggunakan metode pembelajaran mastery learning mendapat nilai rata-rata yakni 79,44 dan standart deviasi 6,62 sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional mendapat nilai rata-rata yakni 69,92 dan standart deviasi 9,15. Dari hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji t- diperoleh t hitung sebesar 5,31 dan dikonsultasikan dengan tabel t- tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,06 dan 1% 2,79, dan karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,06< 5,31>2,79 maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran metode mastery learning berpengaruh secara positif terhadap kemampuan siswa dalam menentukan makna kata dalam konteks kalimat oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2008/2009