PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA DENGAN COLLABORATIVE LEARNING DAN METODE TRADISIONAL OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar memahami perubahan makna kata dengan collaborative learning dan metode tradisional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2008/2009. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba yang berjumlah 118 orang siswa. Sampel Penelitian ini sebanyak 30 orang yakni seluruh populasi yang ada. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen. Dengan menggunakan rumus : to = Dari pengolahan data diperoleh adalah variabel X dengan rata-rata = 70,66 , standar deviasi = 8,91 dan termasuk pada kategori sangat baik 6,6%, kategori baik 60% dan kategori cukup 33,4%. Hasil variabel Y dengan rata-rata = 59 standar deviasi 7,11 dan termasuk kategori baik 13,33% , kategori cukup 60%, dan kategori kurang 26,67%. Dari uji data hasil variabel X dan variabel Y didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas selanjutnya uji hipotesis atau to sebesar 5,66. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan df = N – 1 = 15 – 1 =14. Karena pada tabel df =14. Dari df = 15 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,14 dan 1% = 2,98. Karena to yang diperoleh lebih besar dari yaitu 2,14 < 5,66 > 2,98 maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar memahami makna kata dengan collaborative learning dan metode tradisional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2008/2009.