PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman dari peristiwa gempa bumi di Aceh Tenggara yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan hasil pembelajaran kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi tanpa menggunakan pendekatan kontekstual. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA negeri 2 Lawe Sigala-Gala Aceh tenggara tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 120 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk mejadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi 120 orang siswa tersebut. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 2020 dengan nilai ratarata = 63,12, standard deviasi = 7,88 dan termasuk pada kategori baik 16%, kategori cukup 34%, dan karegori kurang yakni 41% dari kategori sangat kurang 9%. Hasil post test sebanyak 2395 dengan nilai rata-rata = 74,84, standard deviasi = 8,14 dan dari kategori sangat baik sekali 19%, kategori baik 41,%, kategori cukup 34% dan kategori kurang yakni 6%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 7,. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=30. dari df=31 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02<7, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan menulis cerpen denga pendekatan kontekstual , dengan kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan pendekatan kontekstual siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-Gala Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2008/2009.