HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI I TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2008-2009
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca cepat dan penalaran terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri I Tanjung Pura tahun pembelajaran 2008-2009. Penelitian ini dilakukan di kelas X 3 SMA Negeri Tanjung Pura. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 36 orang yang diambil dari 144 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Metode ini digunakan mengingat data yang dibutuhkan sudah ada (melekat pada sampel) sehingga penelitian bertujuan untuk menggambarkan kadar hubungan (korelasi) data-data yang dinginkan. Dalam hal ini peneliti tidak mengajar melainkan hanya mendeskripsikan keberhasilan guru dalam melatih siswa untuk melakukan membaca cepat dan keberhasilan siswa mengaplikasikan hal tersebut. Setelah dilakukan perhitungan, maka diperoleh koefisien korelasi berganda r 1 2 X X y sebesar 0,82, untuk n = 36 pada taraf signifikan 5%, diperoleh haga r tabel sebesar 0,25. Karena harga r 1 2 X X y (0,82) > r tabel (0,25), maka hipotesis penelitian yang mengatakan, “Hubungan Kemampuan Membaca Cepat dan Penalaran Terhadap Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2008-2009”, kebenarannya dapat diterima dan teruji secara empiris. Dengan hasil pengujian demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kemampuan membaca cepat seorang siswa dan kemampuan penalaran, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menentukan ide pokok paragraf argumentasi