Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi bermain drama dengan mengunakan teknik yang sesuai dengan kebutuhan bermain drama yaitu Teknik Akting Stanislavsky, yang dilaksanakan pada Juni- Juli. Penelitian ini dilaksanakan di MAN I Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk mejadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 36 orang siswa dari jumlah populasi 240 orang siswa. Metode dalam penelitian ini bersifat quasi experimen (eksperimen semu). Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 66,67, standard deviasi = 6,90 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 19,44%, kategori cukup sebanyak 38,89%, kategori kurang sebanyak 41,67%. Hasil post test dengan ratarata = 80,67, standard deviasi = 6,36, dan dari kategori sangat baik sebanyak 22,22%, kategori baik sebanyak 61,11%, dan kategori cukup sebanyak 16,67%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar 3,45. Selanjutnya t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35. dari df=35 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03. karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,45>2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Teknik Akting Stanislavsky efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain drama.