Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal, (2) mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap bahan ajar menluis teks eksposiis yang dikembangkan pada siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan, dan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal pada siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Swasta YPK Medan pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa untuk kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 89,71 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 91,35% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 92,50% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 86,76% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,17% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,79% dengan kriteria sangat baik, dan (6) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 84,29% dengan kriteria sangat baik. Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 70 orang siswa yang terdiri dari 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal yang dikembangkan dan 35 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks yang sebagaimana berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis teks kearifan lokal yang dikembangkan sebesar 74,63% lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 69,34%. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksposisi yang dikembangkan lebih efektif daripada buku bahasa Indonesia pegangan siswa.