Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan menggunakan teknik pembelajaran duti-duta dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran teratai, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi, (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan dengan jumlah 68 orang yaitu siswa kelas X-IPA yang berjumlah 34 siswa dan kelas X-AGAMA yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan berdasarkan cluster random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen yang menggunakan faktorial 2 x 2. Oleh karena itu, subjek dibagi atas 2 perlakuan yaitu kelompok siswa yang diberikan teknik pembelajaran duti-duta (perlakuan I), yaitu pada siswa kelas X-AGAMA dan kelompok siswa yang diberikan teknik pembelajaran teratai (perlakuan II), yaitu pada siswa kelas X-IPA. Instrumen motivasi belajar dijaring dengan menggunakan angket. Sedangkan hasil belajar menulis paragraf argumentasi digunakan tes penugasan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa yang diajarkan dengan teknik duti-duta lebih tinggi (88,530) dari pada yang diajarkan dengan teknik teratai (3,991), (2) hasil belajar menulis paragraf argumentasi yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik (103,060) dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (3,991), (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi (F¬hitung = 90,250 > Ftabel = 3,991).